Tutorial Lengkap Cara Memasang Script Anti Bom Klik AdSense di Blogger



Memasang script anti bom klik iklan AdSense di blog platform blogspot blogger.com disarankan untuk blog yang sudah dimonetize AdSense. Script anti boom click AdSense ini ampuh untuk mengatasi dari tindakan bom klik yang secara sengaja atau pun tidak disengaja.


Apa itu Bom Klik Iklan?

Kegiatan dan tindakan bom klik iklan AdSense dengan secara sangaja merupakan tindakan buruk yang dapat merugikan publisher (pemilik blog), tujuan bom klik umumnya untuk menghancurkan dan menghilangkan iklan AdSense pada blog tersebut. Bom klik dilakukan dengan cara meng-klik iklan di blog secara berulang-ulang pada satu komputer yang memiliki satu IP address.

Tindakan klik iklan secara berulang-ulang dengan IP address yang sama merupakan sebuah kegiatan yang dilarang oleh AdSense. Klik iklan sudah diatur sesuai kebijakan AdSense yang menjadi pedoman dan untuk dipatuhi oleh semua publisher. Akibat dari pelanggaran kebijakan tersebut publisher bisa dikenakan sanksi ringan hingga yang terberat penonaktifan akun AdSense.

Terjadinya Bom Klik

Klik iklan sering menjadi indikator hasil pendapatan dari AdSense, tapi klik iklan manual atau bom klik bukanlah sebuah tindakan yang benar. Banyak hal yang menjadi faktor terjadinya bom klik dan invalid click pada iklan AdSense, 3 (tiga) hal berikut menjadi faktor yang sering menjadi penyebab terjadinya tindakan bom klik pada iklan AdSense.

1. Terganggun dengan iklan

Pemasangan iklan yang berlebihan hingga pada iklan melayang yang menutupi konten (artikel) merupakan faktor yang sering menjadi terjadinya bom klik iklan. Bom klik (click fraud) ini bisa saja disengaja atau tidak disengaja (iseng).

2. Tidak tahu mana iklan mana konten

Yang kedua adalah karena pengunjung blog tidak mengetahui tentang iklan AdSense, hal ini diperuburuk dengan blog yang memiliki iklan sangat banyak. Pengunjung seperti ini akan susah membedakan mana konten dan mana iklan sehingga melakukan klik sembarang dan menjadi bom klik, invalid click, atau klik iklan tidak sah. Biasanya bom klik (click fraud) ini terjadi karena ketidaksengajaan / kesalahpahaman / ketidaktahuan.

3. Tidak suka dengan blognya (mengerti AdSense)

Terakhir, terjadinya bom klik karena mereka yang tidak menyukai blog sobat. Alasannya bisa banyak, diantaranya :
  • Pengunjung tidak menemukan solusi yang mereka cari
  • Seseorang yang tidak menyukai blog (pribadi)
  • Iri (mungkin)

Pada point ini, bom klik (click fraud) biasanya terjadi karena unsur sengaja dan dengan tujuan tertentu.


3 penyebab terjadinya bom klik iklan AdSense di atas perlu diantisipasi, buatlah blog yang nyaman dan ramah untuk para pembaca dan pengunjung. Meski begitu, banyak alasan lainnya yang melatarbelakangi terjadinya bom klik iklan.

Mencegah Bom Klik Iklan

Ada beberapa hal dan tips yang bisa dilakukan untuk menangkal dan mengatasi bom klik iklan AdSense di blog. 3 tips berikut bisa menjadi referensi untuk menghindari bom klik iklan AdSense di blog.

1. Jangan membagikan url blog di grup

Penting sekali, hindari membagikan link blog di grup blog, blogger, atau grup AdSense. Di dalam grup-grup tersebut biasanya orang yang tergabung sudah mengetahui tentang dunia blog dan AdSense, dan tentu mereka sudah memiliki blog. Biasanya, alamat blog yang diketahui anggota grup akan menjadi sebuah referensi, contoh, atau bisa menjadi saingan (karena topik blog sama).

2. Membuat konten blog yang berkualitas

Buatlah lebih banyak lagi konten berkualitas untuk mengisi blog, biarkan pengunjung menemukan blog sobat melalui mesin pencari. Pengunjung organik akan lebih menghargai konten blog sobat tanpa melakukan tindakan bom klik iklan, ini akan berbeda jika sobat membagikannya ke media sosial atau ke dalam grup.

3. Mencopot unit iklan AdSense

Jika sobat mendapati adanya klik iklan tidak sah (valid) pada halaman laporan AdSense, segera copot unit iklan AdSense yang terpasang di blog. sobat bisa melihat laporan lengkap tentang klik tidak sah (invalid click) dan lainnya pada dasboard AdSense.

Memasang Script Anti Bom Klik AdSense di Blogger

Buka dasbor Blogger > Klik menu Tema dan Edit HTML > Tambahkan kode di bawah ini sebelum </head> atau </body>

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
function downloadJSAtOnload(){var e=document.createElement("script");e.src="https://cdn.jsdelivr.net/gh/Arlina-Design/phantom@master/antiboomclick.js",document.body.appendChild(e)}window.addEventListener?window.addEventListener("load",downloadJSAtOnload,!1):window.attachEvent?window.attachEvent("onload",downloadJSAtOnload):window.onload=downloadJSAtOnload;
//]]>
</script>

Atau bisa juga dengan kode ini


<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
function downloadJSAtOnload(){var e=document.createElement("script");e.src="https://cdn.jsdelivr.net/gh/Arlina-Design/view@master/clickonme.js",document.body.appendChild(e)}window.addEventListener?window.addEventListener("load",downloadJSAtOnload,!1):window.attachEvent?window.attachEvent("onload",downloadJSAtOnload):window.onload=downloadJSAtOnload;
Arlina.init({click:3,interval:23000});
//]]>
</script>
click:3 - Jumlah maksimum klik, dan akan dimuat kembali setelah interval

interval:23000 - Memuat ulang waktu dalam milidetik

Kemudian klik tombol Simpan tema dan selesai.

Cara Kerja Script Anti Bom Klik Iklan AdSense

Script anti bom klik iklan AdSense di blog bekerja dengan menghindari aktivitas klik iklan berulang-ulang yang dilakukan oleh satu user dengan IP yang sama. Blog yang sudah terpasang script anti bom klik (click fraud) secara otomatis akan menyembunyikan iklan apabila seseorang telah mengklik iklan sebanyak 3 kali pada satu IP address.

Satu hal untuk diketahui, menjadi seorang publisher AdSense bukanlah hal mudah. Banyak waktu dan perjuangan untuk dapat diterima menjadi publisher AdSense, belum lagi menunggu sebuah surat yang tak kunjung datang.

Kurang lebih itulah langkah-langkah untuk mengatasi bom klik dan cara memasang kode script anti bom klik iklan AdSense di blog. Script anti bom klik iklan ini ampuh untuk meredam banyaknya invalid clik iklan AdSense. Selamat mencoba dan wassalam.