Cara Mengatasi Penurunan Trafik Blog Akibat Algoritma Google Core


Dalam beberapa keterangan kemarin, Google memastikan tengah melakukan update algoritma Google Core pada awal pekan ini.


Google telah mengkonfirmasi desas-desus bahwa update algoritma pencarian yang berlangsung beberapa hari yang lalu. Keberadaan update algoritma tersebut tak pelak membuat beberapa situs mungkim malah mengalami peningjatan peringkat di mesin pencari bisa juga sebaliknya, malah mengalami penurunan trafik yg jelas berdampak negatif.

Perlu sobat ketahui, bahwa pada dasarnya Google selalu melakukan perbaikan di berbagai lini. Setiap kali Google melakukan update, pasti akan ada dampak positif dan negatifnya terhadap satu atau lebih perubahan yang tujuannya tentu saja untuk meningkatkan hasil dengan tingkat relevansi tinggi.

Beberapa terfokus di sekitar perbaikan tertentu. Faktanya, jika dilihat dari dampak yang ditimbulkannya.

Seperti yang saya sampaikan di atas, pekan ini, Google tengah merilis update algoritma Core. Secara bertahap, Google melakukannya beberapa kali secara rutin tiap tahunnya.

Hal itu secara jelas telah dikonfirmasi pihak Google melalui posting di Twitter bahwa tengah meririlis "update algoritma Core" sejak Senin kemarin. Scara jelas Google mengatakan update "rutin" "sepanjang tahun" dan direferensikan untuk menindaklanjuti update Core sebelumnya.

Google menjelaskan pula bahwa dampak nyata atas update pencarian Core tahunan ini menyebabkan beberapa website mungkin terkena imbasnya, entah deindex, atau sekedar penurunan rangking. Minggu lalu top rangking Google, Minggu ini bisa saja terjun bebas.

Secara umum, Google mengatakan untuk terus meningkatkan kualitas situs sobat secara keseluruhan, dan waktu berikutnya Google terus berupaya konsisten atas pembaruan ini.

Berikut adalah pernyataan Google mengenai update Google Core yang telah saya sampaikan di atas :
On Monday, we released a broad core algorithm update, as we routinely sdo throughout the year. For background and advice about these, see our tweet from last month.

Seperti kejadian rilis update lainnya, beberapa situs mungkin mengalami dampak buruk atau keuntungan. Tidak ada yang salah dengan halaman situs yang sobat miliki saat ini. Silakan amati perubahan yang ada dan segera lakukan pembenahan.


Mengatasi Penurunan Trafik Blog Akibat Algoritma Google Core

Berikut ini adalah beberapa tips mengatasi update algoritma Google Core :
  • Tetap fokus membenahi konten yang kurang bagus
  • Buat konten yang lebih fresh dan memiliki kualitas bagus
  • Hindari membuat konten dengan jumlah karakter huruf sedikit
  • Hindari black hat SEO
  • Hapus backlink kualitas rendah
  • Gunakan template responsive design/mobile friendly

Tips mengatasi update Core Algorithm di atas sesuai dengan apa yang saya fahami, dengan didasarkan pada hakekat tujuan awal keberadaan algoritma Google tersebut dibuat. Jika memang dirasa tips terlalu sederhana, ya begitulah yang saya tahu. Sobat bisa mencari referensi lain. Semakin banyak membaca, maka semakin banyak pula faedah yang akan sobat dapatkan.

Setidaknya itulah beberapa ringkasan Mengatasi Penurunan Trafik Blog Akibat Algoritma Google Core. Semoga bermanfaat dan wassalam.